Sabtu, 09 Oktober 2010

Aplikasi Desktop dengan Java Menggunakan BlueJ

Beberapa hari ini lagi ada projek kecil-kecilan untuk buat aplikasi akuntansi dari teman yang kerja di perusahaan jual-beli motor/mobil atau otomotif. Pertama saya coba mengembangkan aplikasi dengan menggunakan IDE net beans. Memang berat sih, tapi karena sudah terbiasa dengan lamanya net beans ya jadi ga ada masalah. Terus tools di netbeans juga sudah cukup komplit dan juga sudah banyak sekali bantuan untuk masalah event handling. Beda jika kita mengembangkan aplikasi secara manual, akan sangat sulit sekali menangani event.
Kemarin saya jadi ingat, ada sebuah IDE lagi yang cukup ringan. Sewaktu belajar Java di kuliah saya juga memakai IDE itu. BlueJ, buatan dari University Kent ( bukan bermaksud promosi ya... ), tapi saya coba untuk membandingkan IDE yang disediakan untuk develop Java.
Sebenarnya saya belum pakai BlueJ ini untuk buat sebuah aplikasi. Tapi saya akan coba bikin aplikasi untuk pendaftaran kursus bimbingan belajar kakak-ku menggunakan BlueJ. Kali aja lebih mudah dan lebih ringan ( maklum saya develop aplikasi dari netbook saya yang kecil mungil, tapi sudah menghasilkan lebih dari harga-nya waktu beli, ^_^, itu kan namanya investasi yang menguntungkan bukan? ).
Oke, nanti report-nya untuk penggunaan bluej saya tulis lagi nanti deh.

2 komentar:

ndamfatur mengatakan...

Waduh, Mas'e ayo dung diupdate lagi, penasaran saya aplikasi java dekstop pake blueJ itu....

SYAFRI mengatakan...

Disini juga ada Software Akuntansi loh gan. cek aja lengkap dan mudah banget untuk di pakai. Kunjungi http://kementeriankeuangan.com/ atau cek di Software Akuntansi