Senin, 25 Oktober 2010

BPMS: Business Prosess Management Software

Ini dia aplikasi yang gue bilang cukup menjanjikan dalam dunia software engineering. BPMS kepanjangan dari Business Process Management Software. Perangkat lunak ini sebenarnya menangani pembuatan business process yang akan dilakukan oleh sebuah aplikasi yang dibangun. Tapi sekarang BPMS ini berkembang fungsinya, dari flow yang ada dan state yang ada, dapat digenerate form-form yang dapat digunakan untuk membuat sebuah aplikasi yang diharapkan. Seperti aplikasi akuntansi, dari business process akuntansi yang ada dapat langsung dibuat form berdasarkan state dari business process tersebut. Bisa anda bayangkan, mudahnya membuat sebuah aplikasi, asalkan kita sudah mengetahui business process dari aplikasi tersebut, maka dengan mudah kita dapat membuat form-formnya.
Diantara BPMS yang sering dipakai dalam pengembangan aplikasi adalah Lombardi, buatan IBM. Lalu ada juga BPMS yang open source, yaitu Bonita. Tapi perangkat-perangkat lunak ini biasanya memiliki kapasitas yang cukup besar. Contohnya untuk Bonita yang open source saja memiliki besar file instalasi sebesar 260 MB, kemudian untuk Lombardi yang sudah menjadi aplikasi super, memiliki mentahan sekitar 1,2 GB. Cukup berat juga kan??
Mungkin karena engine yang ada di dalam perangkat lunak tersebut adalah java, maka menjadi lebih berat dibandingkan dengan aplikasi yang dibandun dengan engine yang berbeda.

Tidak ada komentar: