Kamis, 16 Agustus 2012

Sharing Internet di Virtual Box menggunakan Firestarter

Ada masalah ketika saya menggunakan virtual box untuk menjalankan guest OS. Guest OS saya (Mikocok) tidak bisa sharing internet ketika saya terkoneksi dengan modem melalui interface ppp0, sedangkan untuk bridging dengan interface wlan0, koneksi dapat dilakukan. Padahal saya sudah setting di NAT agar dapat koneksi internet dengan interface ppp0. Mungkin ada sedikit konfigurasi yang bermasalah.
Untuk itu saya coba cara lain. Ada satu interface bawaan dari virtual box, yaitu vboxnet0, dengan interface ini, saya bisa terhubung. Diuji dengan ping pun sudah berhasil. IP yang dihasilkan di host adalah 192.168.56.1, kemudian yang di guest adalah 192.168.56.101.
Analisa saya, jika kedua alamat ini bisa berkomunikasi, maka alamat yang di host bisa saya jadikan gateway untuk melakukan koneksi ke internet. Saya sebelumnya pernah melakukan hal ini pada wireless untuk hp android saya di sini. Untuk itu saya akan menggunakan tool yang sama, yaitu firestarter untuk melakukan hal ini.
Untuk tahap pertama adalah merubah settingan pada firestarter. dari File > Preferences > FIrewall > Network Settings, rubah settingan Internet connected network device menjadi Dialup device (ppp0) dan Local networked connected device menjadi Unknown device (vboxnet0). Seperti gambar di bawah ini.

Pastikan matikan terlebih dahulu firestarter sebelum melakukan perubahan, baru kemudian di start kembali.
Selanjutnya adalah merubah settingan network connection pada guest. Guest saya menggunakan win xp, dan saya hanya perlu untuk menambahkan default gateway ke IP dari host, yaitu 192.168.56.1. Gambar di bawah ini menampilkan hasil konfigurasinya.
Kemudian saya perlu menambahkan DNS dari operator di mana saya terhubung menggunakan dial-ip modem. Kebetulan saya menggunakan flexi mobile broadband (lumayan lah, buat koneksi yang unlimited tanpa quota, hanya modem saya saja yg blm support evdo masih cdma 1x) dengan dns-nya adalah sebagai berikut.
Hasil dari konfigurasi tadi jika dilihat dari cmd guest dan melakukan ping ke google.co.id hasilnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Terlihat guest os sudah terhubung dengan internet. 
Cukup mudah juga kan menghubungkan dengan internet ke guest OS. Selamat mencoba. Oiya, saya menggunakan host Ubuntu 10.04. Terus knapa saya sharing ini, karena terkadang masih banyak teman-teman saya yang minta bantuan saya untuk mengerjakan "research"-nya menggunakan mikocok. So, apa boleh buat. Terkadang klo hidup terlalu idealis susah juga nyari "sesuap nasi" ^_^. But I love open source more than ....
Go Open Source.

Tidak ada komentar: