Sabtu, 21 April 2012

Sharing Internet dari Modem ke Wireless Router Menggunakan Firestarter di Ubuntu 10.04

Saya akan coba sharing untuk sharing internet dari modem ke wireless router. Hal ini saya lakukan untuk mengkoneksikan hp android saya ke internet menggunakan wireless router dengan merek TP-LINK TL-WR740N. Sumber internet dari modem cdma saya, kebetulan saya menggunakan flexinet, walaupun lelet tapi lumayan untuk buka-buka email aja. Selanjutnya untuk sharing internetnya adalah sebagai berikut: - Jalankan firestarter, jika belum diinstall lakukan dulu dengan perintah: $ sudo apt-get install firestarter - Setelah dijalankan, masuk ke dalam pengaturan, di setting, dan konfigurasi pada Internet Connected Network Device Detect device(s) arahkan ke -> Dialup Device (ppp0) Local network connected device Detect device(s) arahkan ke -> Wireless Device (wlan0) Dan "Enable Internet connection sharing" di cek list. Berikut tampilan dari settingannya.
- Start firestarter dengan mengklik tombol start - Koneksikan PC/laptop dengan Wireless router dari network manager. - Masuk ke dalam settingan dari wireless router, dan konfigurasi menjadi seperti berikut: Default Gateway -> Arahkan ip dari Wireless device (wlan0) yang ada di PC/laptop. Sebagai contoh alamat di wlan0 pc saya adalah 192.168.1.103 Dan untuk Primary DNS dan Secondary DNS diisi dari DNS dari hasil Dial up modem. Tampilan dari konfigurasi saya adalah sebagai berikut:
- Selanjutnya koneksikan modem dengan menggunakan wvdial. Lihat perubahan di firestarter untuk aktifitas yang terjadi. - Koneksikan hp Android dan coba untuk browsing. Selamat Mencoba.

Tidak ada komentar: