Jumat, 23 Juli 2010

Konversi Celcius ke Fahrenheit Dengan Java Menggunakan Netbeans

Di postingan saya yang terdahulu Konversi Celcius ke Fahrenheit Dengan Java, saya membuat konversi menggunakan editor sederhana. Saya buat gui pada aplikasi tersebut dari awal, semua dengan manual tanpa bantuan IDE java satu pun, tapi berbekal sebuah buku Deitel yang judulnya Java: How to Program.
Tapi untuk postingan kali ini saya buat aplikasi yang sama dengan menggunakan IDE Netbeans 6.8. Fungsi dari aplikasi yang dibuat sama dengan aplikasi sebelumnya. Algoritmanya pun sama. Tapi yang berbeda adalah ketika membangun gui dari aplikasi. Pada aplikasi kali ini dibangun aplikasi menggunakan bantuan dari Netbeans. Bantuan rancangan gui dengan Netbeans membuat pembuatan aplikasi menjadi lebih mudah dan cepat. Berbeda dengan membangun aplikasi gui di java tanpa bantuan IDE akan terasa lebih sulit dan lama dalam membangun gui-nya.
Namun dalam pembangunan kedua aplikasi konversi suhu yang sama ini, terdapat perbedaan antara aplikasi yang di bangun dengan bantuan IDE dan tanpa IDE. Mungkin ini dapat dijadikan bahan penelitian bagi yang suka meneliti. Mungkin penelitiannya tentang perbandingan aplikasi gui java yang dibangun dengan bantuan IDE dengan aplikasi gui java yang dibangun tanpa menggunakan IDE, dalam hal ini studi kasus aplikasi konversi celcius ke fahrenheit.
Berikut saya beri link untuk aplikasi yang sama tapi dengan bantuan IDE Netbeans.
ConvertFahrenheitNetbeans

Tidak ada komentar: