Rabu, 07 Oktober 2009

Instal Visual Basic 6 Pro via Wine di Ubuntu 8.10

Penasaran banget setelah baca dari link WineHQ bahwa dapat melakukan instalasi visual basic 6 di wine. Kebetulan lagi ada bantuin penelitian teman tentang queue manager dengan visual basic 6. Ya udah coba install vb deh di wine. Platform wine-nya adalah Ubuntu 8.10.
Awalnya wine yang saya pakai versi 1.0.1, yang merupakan bawaan dari ubuntu 8.10. Dari website diatas, wine harus diupdate ke 1.1.14. Untuk download wine bisa di link ini.
Setelah mengunduh wine 1.1.14, dan instal di ubuntu, langkah selanjutnya adalah instalasi VB 6. Jika tidak punya cd instalasi vb 6 dapat juga menggunakan visual studio 6, tapi yang diinstall hanya vb saja.
Sebelumnya setting terlebih dahulu wine Anda. Bisa dengan mengetikkan 'winecfg' dari terminal atau dari Application > Wine > Configure Wine.
Pada tab Applications, setting Windows version menjadi 'Windows ME'. Setelah itu lakukan instalasi VB 6. Pilih setup.exe dari cd Instalasi kemudian ikuti langkah-langkah instalasi seperti biasa di lakukan di wind**s.
Setelah tahap instalasi selesai, rubah kembali settingan Windows Version menjadi 'Wndows XP'. Setelah itu jalankan VB 6 dari Applications > Wine > Programs > Visual Basic 6.
Maka VB 6 akan tampil di layar Linux Anda.
Saya telah berhasil. Tapi jangan harap bisa menggunakan semua tools yang ada di VB 6 yang berjalan di linux. Karena akan terdapat beberapa error. Ini saya alami ketika saya akan menggunakan winsock di aplikasi vb yang saya buat. Ketika saya akan menambahkan component, keluarlah pesan error, "Out Of Memory". He..he..he..Namanya juga bukan tempatnya. Kayanya butuh konfigurasi lebih lagi jika Anda ingin benar2 memakai VB 6 di Wine.
Saya menyarankan menggunakan gambas yang sudah disiapkan untuk menggantikan VB di linux. Dan yang pasti gambas itu Open Source, halal men.....
Go Open Source.....

1 komentar:

Udin Suchaini mengatakan...

Makasih infonya. Bermanfaat banget.