Selasa, 26 Juli 2011

My Second Publication: Implementasi Algoritma MD5 pada Aplikasi Login di J2ME

Alhamdulillah, in Saturday (23/7), there was a Seminar in my campus. It's called Seminar Nasional Pengaplikasian Telematika ( SINAPTIKA ). And I was one of the speakers in that Seminar. I speak about encryption, and I focus on the implementation of MD5 algorithm in Mobile Application. And this is my abstract for my research in Indonesia.
Abstrak—Pemrograman untuk aplikasi mobile dengan J2ME sedikit berbeda dengan pemrograman desktop pada J2SE. Salah satu perbedaannya adalah pengurangan beberapa class library pada library J2ME. Sehingga diperlukan beberapa perubahan susunan dari algoritma program dalam pemakaian library. Hal ini juga terjadi dalam penerapan atau pemakaian algoritma enkripsi MD5 yang sering dipakai sebagai pengaman password dalam sebuah aplikasi yang memerlukan aktifitas login. Pada penelitian ini, penulis mencoba membuat sebuah class baru yang dapat digunakan dalam implementasi dari algoritma MD5 pada aplikasi login pada bahasa pemrograman J2ME. Class baru yang akan menangani algoritma MD5 pada saat pembacaan password dari berkas csv yang dihasilkan oleh server. Penggunaan library pada class ini disesuaikan dengan library yang ada pada J2ME. Dari hasil pengujian class yang dibuat cukup mumpuni untuk menangani pemakaian algoritma MD5 pada aplikasi login di aplikasi berbasis mobile. Data-data yang dienkripsi oleh algoritma MD5 dapat dibaca dengan baik oleh class baru ini. Diharapkan class baru ini dapat dimanfaatkan untuk memerbikan fasilitas keamanan dalam sebuah aplikasi.
Kata Kunci : Rancang bangun aplikasi, aplikasi login berbasis mobile, algoritma enkripsi MD5

1 komentar:

hanum mengatakan...

terkait dengan penerapan J2ME, bisa diunduh artikel berikut http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1219/1/17110075.pdf